Sabtu, 17 Januari 2015

Motivasi



Motivasi
Kata motivasi sering kali kita dengar dan kita ucapkan. Bahkan pada saat sekarang ini banyak sekali para pemberi motivasi atau yang sering disebut motivator yang bermunculan di televisi. Namun tahukah kita, apakah motivasi itu? Bagaimana pengaruh motivasi?
Motivasi adalah dorongan kehendak yang dapat menjadikan seseorang menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, banyak sekali pendapat mengenai pengertian motivasi. Menurut wikipedia, motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Sedangkan para ahli berpendapat bahwa motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak dari dalam diri individu yang menimbulkan kegiatan yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah yang lebih baik sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Motivasi adalah suatu sugesti atau dorongan yang muncul karena diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau dari diri sendiri, dorongan tersebut bermaksud agar orang tersebut menjadi orang yang lebih baik dari yang sebelumnya. Motivasi juga bisa diartikan sebagai sebuah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang. Dapat dikatakan bahwa motivasi merupakan kata yang memiliki arti positif. Motivasi bisa mengarahkan sesuatu hal menjadi lebih baik.
Motivasi ada dalam diri seseorang dalam wujud niat, kehendak, keinginan, harapan ataupun tujuan yang ingin dicapai. Keberhasilan tujuan yang ingin dicapai oleh seseorang bergantung pada seberapa besar motivasi yang ada dalam dirinya. Namun, motivasi tidak hanya berasal dari dalam diri individu saja. Motivasi juga bisa berasal dari luar individu, misalnya lingkungan, sahabat/teman, rekan kerja, orang tua dan lain sebagainya. Jika dibandingkan antara motivasi yang ada dalam diri individu sendiri dengan motivasi yang datang dari luar individu, motivasi yang berasal dari dalam diri lebih berpengaruh terhadap diri seseorang. Karena seberapa kuat motivasi yang dimiliki individu akan banyak menentukan terhadap perilaku yang ditampilkannya baik dalam konteks belajar, bekerja atau dalam kegiatan lainnya.
Dalam konteks studi psikologi, Abin Syamsuddin Makmun (2003)
mengemukakan bahwa untuk memahami motivasi individu dapat dilihat dari beberapa
indikator, diantaranya:
1.      durasi kegiatan
2.      frekuensi kegiatan
3.      persistensi pada kegiatan
4.      ketabahan, keuletan dan kemampun dalam menghadapi rintangan dan kesulitan
5.      pengorbanan untuk mencapai tujuan
6.      tingkat aspirasi yang hendak dicapai dengan kegiatan yang dilakukan
7.      tingkat kualifikasi yang dicapai dari kegiatan yang dilakukan
8.      arah sikap terhadap sasaran kegiatan
Motivasi berpengaruh positif terhadap diri seseorang. Bagaimana pengaruhnya dan seberapa besar perubahan yang diakibatkan bergantung pada diri setiap masing-masing orang. Hal-hal seperti kepercayaan, keberhasilan ataupun kegagalan semuanya bergantung pada diri kita sendiri. Kitalah yang menentukan sikap dan tindakan, kita pulalah yang bertanggung jawab atas hasil yang dicapai. Entah hasil yang terbaik ataupun hasil terburuk sekalian. Kita sendirilah yang harus bisa memotivasi diri sendiri agar selalu terjadi hal-hal baik dan tercapai tujuan yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar